Cerita Dibalik Ujian Nasional Atau UN

Hallo untuk teman - teman pembaca online 🙌 terutama untuk adik -  adik pelajar tingkat SMP yang dalam beberapa bulan lagi akan menghadapi UN atau Ujian Nasional.
Siapa sih disini yang belum tahu UN??? Semua pasti sudah tahu dan sering mendengar konflik pendidikan yang menyangkut UN dong. Nah, kali ini saya akan share sedikit pengalaman ketika menghadapi UN yang kebetulan baru beberapa tahun lalu saya UN untuk tingkat SMP. Jadi info yang saya bagikan cukup update dan semoga dapat membantu adik -  adik :)

Saya dulu menghadapi ujian nasional cukup dengan perasaan takut, tegang dan cemas. Tentu saja semua tahu untuk masuk ke jenjang pendidikan selanjutnya nilai UN masih memiliki peran yang cukup besar. Oleh sebab itu, semua pelajar yang akan menghadapi UN termasuk saya berusaha sekuat tenaga mencapai hasil maksimal. Tidak jarang setiap tahunnya berita tentang  UN selalu trend di negeri tercinta ini. Dimulai dari berita UNBK yaitu UN berbasis komputer, bocornya soal UN, daerah - daerah pedalaman yang lambat untuk dijangkau pemerintah dalam melaksanakan UN dan masih banyak berita lainnya. Semua itu adalah hal yang wajar menurut saya.

Pada zaman saya, sekolah memberikan pengumuman bahwa UN angkatan saya akan berbasis komputer. Mendengar berita itu para siswa/i sedikit menahan rasa khawatir karena jujur sekolah saya belum pernah UNBK. Dari sisi pihak sekolah juga merasakan kendala yaitu kurangnya fasilitas yang memadai . Fasilitas itu berupa PC atau komputer dan tentunya koneksi untuk ke server. Disamping itu sekolah tetap mengadakan TO (Try Out) UN dalam bentuk berbasis kertas. Setelah melakukan beberapa kali TO akhirnya pihak sekolah memberi pengumuman bahwa sekolah membutuhkan dukungan berupa fasilitas komputer dari kami para siswa/i nya. Tentu mendengar berita seperti ini menimbulkan pro kontra bagi orangtua/ wali murid. Beberapa kali pihak sekolah berusah mengadakan rapat bersama orangtua/wali murid untuk penjelasan mengenai UNBK. Oke, itu semua bukan urusan kita wkwkw. Selanjutnya, TO terus diadakan sekolah dalam bentuk UNBK yang kerja sama dengan salah satu lembaga bimbel sebagai penyedia server untuk latihan.

Disini banyak sekali teman - teman yang TO dengan sikap tidak jujur. Mengapa bisa? hal ini karena server yang kita coba untuk TO masih dapat terhubung dengan google, otomatis kita masih bisa untuk mengakses internet selain soal - soal. Di TO ini juga masih banyak anak - anak yang update insta story saat mengerjakan soal, itu semua cerminan bahwa mereka belum fokus dan serius. Lalu bagaimana dengan saya? tentu saya serius dan fokus TO hehe. Info tambahan nih setiap TO UNBK hasil nilai langsung muncul lho :) Beberapa temen yang saling kerja sama tentu mendapat nilai tinggi sementara saya hanya mendapat nilai jelek/rendah. Bagi saya itu tidak masalah ketika nilai TO jelek yang terpenting itu murni hasil kerja sendiri sehingga tahu dimana kekurangannya .

Singkat cerita pada saat menjelang UN kita diberi pengarahan bahwa soal- soal UN tersedia dalam bentuk paket sehingga sedikit kemungkinan untuk bisa mencotek atau curang dan server resmi yang disediakan tidak dapat mengakses keluar selain hanya untuk menjawab soal UN. Tiba hari H saya sudah siap, tidak lupa untuk berdoa dan yakin saya mampu mengerjakan dengan baik. Pada saat hari H yang terpenting adalah kesehatan dan ketepatan waktu datang ke sekolah karena untuk UNBK kami dibagi dalam 3 jadwal yang selalu bergiliran. Jadwal yang paling menyebalkan adalah jam 12.30 siang itu adalah waktu yang biasanya kita gunakan untuk istirahat atau bahkan tidur wkwkwk.

Hal yang paling fenomenal di UN tahun itu adalah kebocoran soal UN mata pelajaran MTK. Berita itu heboh disemua media sosial karena jelas ada bukti pelaku yang membocorkan soal tersebut . Saya sedikit heran dengan pola pikir orang - orang  yang seperti itu tetapi kembali lagi bahwa saat UN berusahalah untuk fokus dan mempersiapkan diri secara matang. Berita atau info sepenting apapun saya anggap angin berlalu karena jujur mental diri sendiri saat UN jauh lebih penting dibandingkan mengomentari info - info lain, lagipula kalau pun kita komentar tidak akan menambah hasil nilai kita HAHA.

Oke begitulah sedikit pengalaman yang bisa saya share ke temen - temen, semoga bermanfaat dan menjadi pelajaran terutama buat adik - adik yang akan melaksanakan UN. Ohiya untuk isi blog selanjutnya saya akan membahas soal - soal dan jawaban yang mungkin bisa membantu adik - adik dalam menghadapi UN  2018!!😄

Terimakasih dan jangan lupa buat ikutin terus blog berikunyaa!!! 
Contact me (email) nurainicontact@gmail.com


Salam Tim Redaksi 🙏🙏

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Giat Berlatih Untuk Menggenggam Nilai UN Sempurna (PART 1)

Semakin Percaya Diri dan Siap Meraih Nilai UN Sempurna (Part 2)