Giat Berlatih Untuk Menggenggam Nilai UN Sempurna (PART 1)

Haloo teman - teman pembaca !!!! Wah udah lama nih, saya gak aktif di blog :(tetapi, tenang aja karena sekarang sudah memasuki bulan April jadi admin akan memposting kembali sesuai janji saya di blog yang sebelumnya Cek Disini .

Untuk kesempatan kali ini, saya akan membahas soal MATEMATIKA (untuk UN SMP/sederajat)
Okeey, tanpa basa - basi mari kita mulai!!

Buat temen - temen yang merasa matematika itu susah, sebenarnya kalian salah besar! Mengapa demikian? matematika sebenarnya sangat mudah asal kita sungguh - sungguh dan pantang menyerah selama proses pembelajaran. Lagi pula matematika adalah ilmu pasti. Maksud disini (Ilmu pasti) adalah dimana setiap jawaban dari soal MTK tidak akan pernah berubah dari waktu ke waktu. Contohnya 64 : 8 = 8. Dari jaman dahulu hingga sekarang, jawabannya tetap 8 dan tidak akan berubah. Itulah sebabnya juga mengapa dalam ujian MTK memiliki faktor kemungkinan terbesar untuk mendapat nilai 100 dibanding dengan mata pelajaran lainnya. Sekarang mari kita bahas contoh latihan tipe soal UN dibawah ini ;

Sebuah tempat parkir dapat menampung sepeda motor dan mobil sebanyak 80 buah. Jika jumlah roda selurunya adalah 224 buah. Maka, pernyataan berikut yang benar adalah ..
a. Banyak mobil adalah 48 buah.
b. Banyak sepeda motor adalah 42 buah.
c. Selisih banyak sepeda motor dan mobil adalah 18 buah.
d. Selisih banyak sepeda motor dan mobil adalah 16 buah.


Untuk menjawab soal diatas, kita dapat menggunakan 2 metode. Metode 1 eliminasi dan subsitusi atau metode 2 subsitusi saja.

Langkah pertama untuk menjawab soal MTK adalah pahami terlebih dahalu " apa maksud soal tersebut?  dan jawaban apa yang diminta soal? "
*untuk tipe soal " pernyataan berikut yang benar " lebih baik kalian membaca opsion jawaban a - d terlebih dahulu untuk menambah pemahaman soal.

Langkah kedua setelah memahami soal, kita akan membuat kalimat matematika (persamaan) dari soal yang disajikan. Dari soal diatas kalimat matematikanya adalah,

X = motor
Y = mobil

X + Y = 80
2X + 4Y = 224

Langkah ketiga adalah menentukan rumus dan metode apa yang akan digunakan. Apabila kalian memiliki banyak metode silahkan gunakan salah satu metode yang anda rasa paling mahir dan mudah untuk digunakan. Ikuti dan sesuaikan dengan kemampuan anda. Apabila bagi kebanyakan orang metode 1 lebih mudah tapi bagi anda tidak maka, jangan paksakan pada diri anda karena itu akan membuang waktu bagi anda saat mengerjakan soal.

Metode 1 ( Eliminasi dan Subsitusi)

2X + 4Y = 224
X + Y = 80

*untuk dapat mengeliminasi X terlebih dahulu maka,  X + Y = 80 harus dikalikan 2. sehingga menjadi 2X + 2Y = 160

2X + 4Y  = 224
2X + 2Y  = 160    _
________________
         2Y  = 64
         Y    = 32


Selanjutnya subsitusikan dengan pernyataan X + Y = 80
maka,

X + Y    = 80
X + 32   = 80
X           = 80 - 32
X           = 48

setelah mengetahui jumlah motor (X) adalah 48 dan mobil (Y) adalah 32 dapat disimpulkan dari opsion pernyataan pada soal bahwa jawaban  yang benar yaitu D. selisih banyak sepeda motor dan mobil 16 buah.


Metode 2 ( Subsitusi)

Langkah pertama setelah memahami soal adalah membuat kalimat matematika persamaan seperti berikut,

X = motor
Y = mobil

X + Y = 80   | X = 80 - Y

2X + 4Y = 224


Selanjutnya subsitusikan persamaan X = 80 - Y kedalam persamaan 2X + 4Y = 224

2X + 4Y              = 224
(2(80 - Y)) + 4Y = 224
160 - 2Y +4Y      = 224
160 +2Y              = 224
2Y                       = 224 - 160
2Y                       = 64
Y                         = 32

Subsitusikan kedalam persamaan X + Y = 80

maka X = 80 - Y yaitu X = 48. Sehingga pernyataan yang sesuai adalah D.


Bagaimana kedua metode menunjukkan jawaban yang sama bukan? Sekarang kalian dapat menjawab soal -soal lain dengan model diatas sesuai rumus dan cara yang kalian anggap paling mudah. Selamat belajar !👍😊

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cerita Dibalik Ujian Nasional Atau UN

Semakin Percaya Diri dan Siap Meraih Nilai UN Sempurna (Part 2)